Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun resmi sosial media kami

Kader Posyandu Difungsikan Sebagai Relawan Kesehatan

Home Berita Kader Posyandu Difungsikan Sebagai Relawan Kesehatan
2

Pasekan –  Kader posyandu se-Desa Pasekan mengadakan pertemuan rutin di Dusun Bulu pada Senin (7/1) kemarin. Pertemuan ini dilakukan setiap bulan sekali ditempat yang berbeda di setiap dusun. Pertemuan kali ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Desa Pasekan, Bidan desa dan seluruh kader posyandu.

Linda Fitayanti Amd.Keb menyampaikan tentang yang dimaksud HIV dan apa yang dimaksud dengan penyakit AIDS serta bahaya dari penyakit tersebut. Desa Pasekan sendiri diharapkan dapat membentuk wadah serta mengaktifkan warga peduli HIV/AIDS salah satunya dengan memfungsikan kader posyandu untuk menjadi relawan HIV/AIDS  yang bertugas untuk memberi penyuluhan kepada warga masyarakat dilikungannya tentang bahaya HIV/ AIDS. Hal itu bertujuan agar masyarakat mengenal virus tersebut dan selalu dapat menjaga  kesehatannya. Selain itu juga bertugas memberi pengertian kepada masyarakat apabila ada penderita dilingkungannya supaya tidak menjauhi atau mengucilkan penderita karena penularan hanya melalui hubungan kelamin, tranfusi darah, pemakaian jarum suntik secara bergantian dan menyusui.

HIV/ AIDS memang menjadi salah satu penyakit yang ditakuti masyarakat, namun HIV/ AIDS tidak dapat ditularkan melalui menyentuh, berjabat tangan, berpelukan, dan berbagi sprei. Acap kali penderita HIV/ AIDS merasa terdiskriminasi dari lingkungannya, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai virus HIV/ AIDS. Untuk itu Linda Fitayanti Am.d Keb menekankan kepada kader posyandu agar benar-benar menjalankan tugasnya sebagai relawan HIV/AIDS.

Dalam pertemuan tersebut ketua TP-PKK desa pasekan juga menyampaikan harapannya agar posyandu Desa Pasekan kedepannya semakin maju dan dapat menjaga kesolidan kadernya. Pesan tersebut disampaikan karena beliau sebagai ketua TP-PKK Desa Pasekan yang akan berakhir pada tanggal 15 Januari mendatang.