Sekilas Desa Pasekan

Berikut  kami tampikan sekilas gambaran umum Desa Pasekan :

Desa Pasekan adalah salah satu Desa di Wilayah Kecamatan Eromoko yang secara geografis merupakan daerah perbukitan, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta di sebelah barat, desa Ngandong Kec. Eromoko sebelah utara, Desa Eromoko di sebelah timur, dan Desa Pucung Kec. Eromoko di sebelah selatan. Dengan luas Wilayah 1.026,7  ha. Desa Pasekan terbagi menjadi 13 Dusun ,13 RW dan 19 RT.

Perangkat Pemerintahan Desa Pasekan terdiri dari :

1. Kepala Desa : 1 Orang
2. Sekretaris Desa : 1 Orang
3. Kepala Seksi : 3 Orang
4. Kepala Urusan : 3 orang
5. Kepala Kewilayahan : 12 Orang

 

Data Penduduk :

1. Jumlah PendudukLaki-laki

Perempuan

:

:

3836 Jiwa1888 Jiwa

1948 Jiwa

2. Jumlah Kepala Keluarga : 1338 KK
3. Kepadatan Rumah Tangga : 132/km2
4. Kepadatan Penduduk : 389/km 2

 

Tingkat Perkembangan Desa :

BIDANG PENDIDIKAN

Prosentase Penduduk yang tamat SLTP meningkat seiring kesadaran masyarakat mengikuti program wajib belajar 9 tahun . Juga didukung Sarana dan Prasarana Pendidikan yang ada di wilayah Desa Pasekan. Penduduk yang buta huruf semakin berkurang tinggal 1% dari jumlah penduduk . Wajib belajar 9 Tahun dapat berjalan dengan baik . Data anak Usia 7-15 Tahun sejumlah 452 anak  yang tidak sekolah hanya ada 2 orang . Sarana Pendidikan yang ada antara lain :

a. SMP –  SMPN 2 Eromoko –  SMP Pancasila 14 :

 

2 Unit
b. Sekolah Dasar : 4 Unit
c. Taman Kanak-kanak : 2 Unit
d. PAUD : 3 Unit
e. TPA/TPQ : 8 Unit
f. Sekolah Minggu : 1 Unit

 

BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT

Pelayanan dibidang Kesehatan telah berjalan dengan baik didukung sarana dan Prasarana Kesehatan serta sumberdaya manusia yang dimiliki .

Sarana Kesehatan yang dimiliki antara lain :

1. Puskesmas II Eromoko
2. PKD Desa pasekan
3. Pos Yandu Balita sebanyak  8  Unit
4. Pos Yandu lansia sebanyak   3 Unit
5. Sarana Air bersih . Semua warga telah dapat mengakses  sarana air berih dengan cukup  baik untuk minum dan kebutuhan mandi dan cuci .Sarana air bersih yang ada antara lain : Sumur pompa , Sumur gali , Mata air , PAH, Perpipaan .
6. Semua Rumah tangga telah memiliki Jamban Keluarga dan sudah tidak ada warga yang buang air sembarangan

 

BIDANG EKONOMI MASYARAKAT

  1. Tingkat Pengangguran cukup rendah , hanya 0.9% dari usia produktif. Sedangkan Wanita pada umumnya berperan membantu suaminya untuk bekerja khususnya di bidang Pertanian  .
  2. Pendapatan Penduduk

Sumber pendapatan  penduduk adalah dari sektor – sektor sbb :

  • Pada sektor Pertanian produk unggulannya  adalah   jagung  dengan produksi  rata-rata 5 ton/ ha , Ketela pohon  dengan produksi rata-rata 9 ton /ha , Padi dengan produksi rata-rata 6 ton/ha
  • Dari sektor Kehutanan merupakan salah satu penghasil pendapatan yang cukup tinggi . Jenis Komoditi kayu antara lain : Jati, Akasia, Sengon, Maoni dll .
  • Komodite Perkebunan meliputi : Kelapa, Kakao Dan Mete.
  • Sektor peternakan merupakan penghasil pendapatan perkapita yang cukup tinggi . ternak yang di pelihara warga anta lain : Sapi ( rata-rata bibit unggul), Kambing, dan ayam kampung. Di Desa Pasekan Terdapat Pos Inseminasi Buatan (IB) di Dusun Bulu . Pencapaian IB pada Tahun 2012 sebanyak 99%.
  • Sektor perikanan belum memberikan penghasilan yang besar, dengan Budidaya ikan lele  dengan kolam buatan mulai dikembangkan .
  • Pada sektor perdagangan  terdapat usaha perdagangan Ternak , Hasil bumi , bahan bangunan , makanan, warung kelontong, pedagang Keliling dengan sistim kredit, dll .
  • Sektor Jasa yang berkembang di desa Pasekan antara lain : salon, persewaan sound sistem, persewaan kajang, rias Pengantin, bengkel motor, bengkel elektro, dan praktek bidan dan Perawat.
  • Industri rumah tangga memberikan andil pendapatan yang besar dalam perekonomian masyarakat . Jenis Industri rumah tangga antar lain : tempe sayur, aneka kripik, pembuatan batako, industri makanan dan anyaman.
  1. Kelembagaan Ekonomi masyarakat
  • Pasar Desa terletak di Dusun Bulu berbatasan dengan Wilayah DIY . Pada awalnya Pasar Desa dibuat secara swadaya dan selanjutnya dibangun dengan Dana APBD dan PNPM-MPd pada tahun 2010 dengan membangun Los dan kios pasar. Jumlah pedagang yang memanfatkan sebanyak 57 pedagang .
  • Lembaga Koperasi, Koperasi yang ada dan berkembang adalah Koperasi RT sebanyak 19 Koperasi RT, Pada akhir Maret 2017 semua Koperasi RT telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT ) .
  • Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES) Pada tahun 2012 telah terbentuk BUMDES dengan Unit Kegiatan Dari Bumdes : UED-SP,  UP2K, Pasar Desa, dan Gapoktan.
  • Untuk memenuhi kebutuhan sembako dan kebutuhan sehari-hari keberadaan Toko dan Kios sangat membantu masyarakat, disisi lain para pengusaha toko / kios / warung di tiap Dusun akan menambah pendapatan dan perputaran ekonomi dipedesaan .
  • Keberadaan warung makan belum terlihat berkembang. Hanya terdapat satu tempat yaitu di lingkungan pasar Desa di Dusun Bulu. Namun penjual makanan di tiap-tiap dusun telah ada .
  • Sarana angkutan Desa yang ada antara lain : Truck, Mini Bus, Colt, dan sepeda motor.
  • Terdapat satu pangkalan ojek di Dusun Bulu

 

Tingkat Kesejahteraan Keluarga semakin meningkat .ditandai dengan jumlah Keluarga Pra Sejahtera yang semakin menurun.

BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN

Samapi saat ini tidak terjadi gangguan Keamanan dan ketertiban seperti Konflik Sara, perkelahian, Pencurian dan Perampokan, Perjudian, Narkoba Prostitusi, Pembunuhan, dll. Terwujudnya Situasi yang aman dan tertib tidak lepas dari partisipasi masyarakat keamanan Swakarsa .

BIDANG PARTISIPASI MASYARAKAT

  1. Partisipasi dalam Pemilu Legislatif dan Presiden /Wakil Presiden tahun 2009 cukup tinggi . Pemilu Legislatif Jumlah Pemilih yang menggunakan hak pilih sebesar 68% dari jumlah Pemilih tetap. Sedangkan pada Pemilu Presiden/Wakil Presiden Jumlah Pemilih yang menggunakan Hak pilih sebesar 67% dari jumlah pemilih tetap.
  2. Partisipasi dalam Pilkada  Gubernur/Wakil Gubernur  dan Bupati/Wakil Bupati  cukup tinggi . Pada Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur  Jumlah Pemilih yang Menggunakan Hak pilihnya adalah 70% ari jumlah Pemilih tetap. Sedangkan pada Pilkada  Bupati/Wakil Bupati, Jumlah Pemilih yang Menggunakan Hak pilihnya adalah 69% dari jumlah pemilih tetap.
  3. Partisipasi warga dalam Pilkades yang baru saja dilaksanakan tahun lalu adalah : Jumlah Pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebesar 69% dari jumlah pemilih tetap.
  4. Dalam pelaksanaan Musrenbang  partisipasi penduduk cukup baik.
  5. Kegiatan gotong royong masih merupakan tradisi penduduk dalam kehidupan bermasyarakat . Antara lain : Sambatan membangun rumah, sambatan mengolah Tanah, menjaga kebersihan Desa ( Kegiatan jumat bersih), membangun jembatan /jalan, kegiatan bulan bhakti gotong royong

 

BIDANG PEMERINTAHAN

  1. Anggota BPD sebanyak 11 orang, terdiri dari 2 orang ketua, 1 orang sekretaris, dan 8 orang anggota.
  2. Organisasi Pemerintahan Desa Pasekan terdiri dari :1 orang Kepala Desa, 1 Orang Sekretaris Desa, 3 orang Kepala Seksi, 3 orang Kepala Urusan, 12 Orang Kadus, dan 1 orang staf.
  1. Administrasi terdiri dari buku wajib dan buku pendukung lainnya.
  2. Keuangan Desa
Anggaran Pendapatan Desa terdiri dari :

  • Pendapatan Asli Desa (PAD) : pengelolaan Tanah Kas Desa, dan dari Pengelolaan Badan usaha Milih Desa (BUMDes).
  • Alokasi Dana Desa (ADD), dan
  • Dana Desa
  • Bagi hasil Pajak
  • Bantuan Hibah Desa dari Provinsi dan Kabupaten.
  1. Akuntabilitas Perangkat Desa.

Tingkat kepercayaan masyarakat desa terhadap kinerja Perangkat desa cukup tinggi, karena pelayanan bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, dan msaing-masing perangkat desa memiliki kompetensi sesuai dengan bidang serta fungsinya.

BIDANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN

Keberadaan Lembaga Kemasyarakatan di Desa Pasekan sangat membantu pembangunan Desa. Lembaga –lembaga tersebut antara lain :

Ta’mir Masjid, Majelis Gereja, RT, RW, LPM, Karang Taruna , dll

BIDANG PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK)

  1. Kegiatan 10 Program pokok PKK telah dilaksanakan sesuai hasil Raker.
  2. Dalam melaksanakan kegiatannya TP.PKK Desa didukung oleh Kelompok Kerja (Pokja ) yang terdiri dari :

1. Pokja I membidangi masalah Sosial Kemasyarakatan

2. Pokja II membidangi   masalah Pengembangan Pendapatan Keluarga

3.Pokja III membidangi masalah Pangan, Sandang, dan Tata laksana rumah tangga.

4. Pokja IV membidangi masalah Kesehatan Masyarakat.

Demikian sekilas gambaran umum desa pasekan yang bisa kami sampaikan, terima kasih atas perhatianya.

Berita Terkini

Halal Bihalal Keluarga Besar Perangkat dan Lembaga Desa Pasekan

PASEKAN – Selasa, (11/6) , pukul 10.00 WIB bertempat di Pendopo Balai Desa Pasekan berlangsung Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H Keluarga besar Perangkat Desa Pasekan dan Semua lembaga se-Desa […]

Read More…

Pemdes Pasekan Manfaatkan Ramadhan Untuk Silaturohmi Dengan Masyarakat

Pasekan – Menjadi seorang muslim tidak melulu mengkoar-koarkan seberapa sering ia beribadah, seberapa banyak ia bersedekah, namun seorang muslim sejati justru menyembunyikan rapat-rapat hal itu seperti menyembunyi Pada bulan ramadhan, […]

Read More…

Bimtek Kepada TPK Dan TPBJ Desa Pasekan dan Pucung

PASEKAN – Desa Pasekan menjadi tuan rumah dalam acara bimtek tim pengelola kegiatan dan tim pengadaan barang dan jasa pada Senin (1/4). Bimtek tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari warga […]

Read More…

Langka, Tapi Masih Ada Di Pasekan

Kalau membicarakan tentang Desa Pasekan memang tidak ada habisnya, mulai dari pasar tradisional, wisata alam, bahkan di Desa Pasekan ada potensi wisata kerajinan pandhe besi  yang belum banyak orang tau […]

Read More…

Mantab! PBB Desa Pasekan Terbayar Lunas

Pasekan – Sebanyak 13 Dusun di Desa Pasekan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri serentak melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) pada hari minggu (17/3) yang dilakukan di wilayah Dusun masing-masing. Dari […]

Read More…