Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun resmi sosial media kami

Kegiatan Sosialisasi SMD dari Puskesmas 2 Eromoko

Home Potensi Desa Budaya Kegiatan Sosialisasi SMD dari Puskesmas 2 Eromoko
WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.21.47

PASEKAN – Untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta untuk mengetahui potensi yang dimiliki masyarakat dan untuk mengatasinya masalah, itulah kurang lebih tujuan dari survey mawas diri. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya. Demikian seperti disampaikan pada Selasa 18/12/2018 di Balai Desa Pasekan dalam acara sosialisasi mawas diri dari Puskesmas 2 Eromoko yang dihadiri Kepala Desa Pasekan, seluh perangkat desa dan kader posyandu.

Menurut Bp Ichsan  dari puskesmas 2 Eromoko, hasil survey mawas diri di seluruh dusun di Pasekan dari 13 dusun ditemukan rata-rata rawan terhadap penyakit seperti : 1. flu burung dikarenakan kebanyakan warga memelihara ayam secara liar, 2. Lingkungan yang kurang sehat seperti halnya kebiasaan merokok yang beresiko terhadap perokok maupun orang yang menghisap asap tersebut. Selain itu juga kebiasaan cuci tangan dengan air mengalir yang masih kurang dari warga masyarakat Pasekan. Beliau juga berharap Desa Pasekan nantinya dapat memiliki ambulan desa yang standby setiap saat.

Dengan diadakannya acara tersebut kedepan diharpakan seluruh masyarakat Desa Pasekan dapat menuju masyarakat yang lebih sehat, terbebas dari sampah, terbebas dari asap rokok, dan terbebas dari sampah plastik yang membayakan kehidupan masyarakat.